Kamis, 11 April 2013

Wasiat Imam Syafi'i menjelang wafatnya beliau [semoga Allah merahmati beliau]

"Bertaqwalah kepada Allah. Gambarkanlah akhirat dalam qalbumu, dan jadikanlah kematian atara dua matamu. Jangan lupa bahwa engkau akan berdiri di hadapan-Nya kelak. Takutlah kepada-Nya, jauhilah segala hal yang Dia haramkan, dan laksanakanlah yang Dia wajibkan. Hendaknya engkau bersama Allah [merasa selalu diawasi oleh-Nya] di mana pun engkau berada.

Janganlah sekali-kali engkau menganggap kecil nikmat Allah kepadamu, walaupun nikmat itu sedikit. Balaslah nikmat tersebut dengan bersyukur. Jadikanlah diammu sebagai tafakur, pembicaraanmu sebagai dzikir, dan pandanganmu sebagai pelajaran.

Maafkanlah orang yang mendzalimimu, sambunglah silaturrahmi kepada orang yang memutusnya terhadapmu. Berbuat baiklah kepada siapa pun yang berbuat jelek kepadamu. Bersabarlah terhadap musibah, dan berlindunglah kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala dari api neraka dengan ketaqwaan."

[Nasehat menjelang wafatnya Al Imam Asy Syafi'i kepada Al Imam Al Muzany. Tarikh Dimasyqi karya Al Imam Abu Abdillah Ahmad bin Muhammad Ibnu Asakir -Semoga Allah merahmati beliau-].

Allahu a'lam. Barakallaahu fiikum....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar